Monday, May 16, 2016

"Mencoba" alat Geofisika: Gravity, Magnet, dll

Akhir taun.. bener-bener padet, baik acara ke-geofisika-an maupun di luar itu. Pas tanggal 12 Desember 2015, kita kedatangan tim dari PSG. Dan mereka membawa alat-alat Geofisika untuk "diperkenalkan" kepada kita. Beliau-beliau orang PSG ini bawa alat Gravity, Magnet, GPS-Diferential, GPR dan MT. Kita dibagi per kelompok dan bergantian mencoba alat tersebut.

Gravimeter LaCoste & Romberg

Kita juga sempet pake alat Scintrex (tipe Gravity) dan nyoba ngukur di Lapangan Basket Mipa (LBM). Aku juga disini ga akan secara detail jelasin cara kerja alat yah, mungkin di postingan yang lain aja entar.

inilah Scintrex

Terus hal baru buat kami yaitu alat MT dan GPR (Ground Penetrating Radar). Nah alat MT ini terdiri dari receiver, transmitter dan coil-coil. Agak rumit dibanding peralatan geofisika lainnya. Kalau GPR ini dia bisa memperkirakan lapisan bawah permukaan bumi tapi penetrasinya gak terlalu dalam, beda sama MT yang bisa sampe puluhan, ratusan kilometer karena dia pake frekuensi yang rendah.

Magnetotellurik (MT)

Yang bawa alat ini ya seperti biasa, cowok dulu aja. Dan unik juga ya ternyata alat GPR ini, pake semacam benang untuk ngukur seberapa jauh jarak pengukuran GPR ini.

ngukur GPR

Ground Penetrating Radar

Hmm waktu itu seneng bisa dapet tambahan ilmu, apalagi kita langsung praktek dengan alat geofisika walaupun dalam waktu singkat. Ohya btw untuk GPS diferential, bedanya dengan GPS biasa kayaknya sih terletak di keakuratan GPS tersebut, dan seberapa banyak satelit yang ditangkapnya. Yang pastinya GPS diferential ini lebih akurat. Cuman agak ribet juga sih penggunaannya.

mirip UFO yak

Dan tau gak?? Yang heboh itu adalah..... kita bisa foto selfie pake GPS lah haha. Canggih emang ya.


foto pake GPS. haha

0 komentar:

Post a Comment