Thursday, May 19, 2016

Kuliah Lapangan GF: The Memories of Karangsambung

Bulan April 2016 ini cukup padet lah. Apalagi kami mau kuliah lapangan ke Karangsambung (Karsam) dalam 10 hari. Dan tau gak... sebenernya karsam ini ditunggu-tunggu banget. Aku sih yg nunggu-nunggu. Haha.

Karangsambung itu letaknya di Kebumen, Jawa Tengah. Kenapa sih diambil lokasi kuliah lapangan di Karangsambung? Karena di Karsam itu terdapat objek studi geologi yang lengkap banget. Kenapa bisaa lengkap gitu yah? Kenapa gak di daerah jabar aja misalnya Ciletuh, Citatah (objek batu gamping). Kan itu objek geologi juga.

Karenaaa.. di Karsam itu merupakan pertemuan/tumbukan antar dua lempeng dari utara dan selatan jawa, yaitu lempeng eurasia (utara) dan lempeng australia-hindia (selatan) sehingga menyebabkan adanya penunjaman salah satu lempeng yang memiliki gaya lebih besar. Nah efek dari tumbukan lempeng ini menimbulkan adanya formasi-formasi batuan yang jarang ditemui. Dan kebanyakan batuan disini berasal dari batuan lantai samudera, ya karena tumbukan lempeng tadi.

Nah secara singkatnya begitu. Kalau ingin liat secara lengkap tentang Karangsambung, mangga kunjungi debuelektron.wordpress.com aja yah ^^

Okee lanjut ke kulap Karsam yah. Jadi kami berangkat se-angkatan, yaitu Geofisika Unpad 2013. Kami caw dari stasiun Kiaracondong pas Jumat, tanggal 15 April 2016. Kereta berangkat jam 21.00, walaupun udah ada juga yang standby disana dari sore.


Dan... masuklah kami ke camp, di Kampus LIPI Karangsambung.

Fullteam di Amphiteater :)

Disana kita 10 hari kuliah lapangan yang capenya, luar biasaa!!! Naik turun gunung, bukit, lembah, nyusurin sungai. Masyaallah deh pokonya. Bener-bener nguras pikiran, tenaga, tapi untung gak "makan ati" karena temen-temen kelompok 1 nya udah asik dan klop banget. Jadiya juga gak pernah sensian atau cekcok. Malah banyak becandanya juga.


intrusi Diabas


selfie pas ngukur Geolistrik
mukul plat seismik

Kelompok Terkompak :)
Hari pertama sampe kelima kami belajar Geologi Karsam, dan melakukan mapping geologi. Pas hari ke-6 sampe hari terakhir kita akuisisi metode Geofisika.

Dan kita pulang tanggal 26 April 2016. Aku gak mau pulaaang kakak :( udah terlanjur betaah di karsam huaa. Dan yang lain pun kebanyakan gitu, udah betah disana... asalkan jangan tiap hari capek gini haha. Tapi secapek-capeknya disana alhamdulillah juga kelompok 1 ga pernah ada yang ngeluh. Cuaca lagi panas di lapangan pun ga ikut-ikutan bikin kepala kita panas. Semua dibikin hepi ama kita mah haha. Yanti ama Aku ciwiks setrong yeah haha *apasih.

Pokoknya... I miss the days in Karsam :')

Dan juga disana itu kan kita bareng bareng seangkatan, yang udah dianggap keluarga banget. Gengs cewek-cewek juga kan sebarak (se-kamar), jadi asik gitu loh haha ramean..

Terus pas lagi bete, kesel, galau, pusing, takut karena suatu hal... ada sahabat-sahabatku yang nenangin ^^ makasih bangett.

Nah itu paling sekelumit cerita tentang Karangsambung. Ini cuman spoiler aja, kalau berminat atau kepo ingin tau selama di Karsam itu gimana aja sih, boleh dicek di debuelektron.wordpress.com yaa kakak.

0 komentar:

Post a Comment