Tuesday, August 23, 2016

Akuisisi Data Magnetotelluric


Kamis, 11 Agustus 2016 adalah hari dimana saya ngeliat pengukuran metode magnetotelluric secara real. *asik banget gitu. Sebetulnya hari itu kita nyobain alat, sekaligus kalibrasi alat sebelum Tim PSG survei ke Papua. Kami caw ke gunung Batu di Lembang bersama tim Pak Lucki. Sedangkan tim nya Pak Dayat ke Jatinangor.

Hari itulah pertama kalinya saya mulai akrab sama temen-temennya bapak pembimbing saya itu. Mereka-mereka ini tim akuisisi MT. Dan asik-asik banget orangnya, becanda mulu tapi ngukur ya tetep ngukur dan beuhh kalo ada Pak Lucki itu mantep deh hasil pengukurannya. Hehe. Terus ya gitu ternyata candaannya orang-orang lapangan tuh, ga berenti-berenti. Segala hal dijadiin bahan ketawa. Tapi jangan dianggap becanda katanya. Wkwk konyol asliii.

Oke langsung masuk ke step pengukuran MT yak.

A. Coil Hx, Hy, dan Hz


Jadi hari sebelumnya tuh Tim MT udah melakukan pengukuran beda tinggi, jarak datar dan segala hal yang menunjang pengukuran topografi. Mereka pake Theodolit T-0 buat ngukur topografinya. Dan pas nyampe sana saya langsung nimbrung dan dapet job dari Bapak Asep yang baik hati dan suka becanda ini. Ringan aja, diarahin buat ngebidik titik tempat “nanem” coil Hx, Hy dan Hz. Ngebidiknya pake kompas geologi, dengan catatan arahkan kompas geologi sejajar utara-selatan, terus bidik 45 derajat dari arah utara. Dan itulah tempat kita menyimpan koil MT.

Terus langkah selanjutnya adalah menggali lubang di titik bidikan tersebut. Buat coil Hx dan Hy disimpan horizontal sedalam kira-kira 30 cm, sedangkan untuk coil Hz disimpan vertikal sesuai kedalam coil MT.

gali lubaang
Habis digali, kita masukan coil dan lakukan levelling menggunakan waterpass. Untuk coil Hx mesti disimpan searah utara-selatan dengan kepala berada di arah selatan, sedangkan coil Hy disimpan searah barat-timur dan kepala berada di arah barat. Untuk coil Hz kepalanya di atas (iyalah kalau di bawah namanya kaki. #apasih). Nantinya kepala-kepala ini tersambung ke base pengukuran.


Cara melakukan levelling ini adalah.... tempelkan waterpass di coil tersebut, dan arahkan coil hingga gelembung pada waterpass berada di tengah, dan teknik agar coil tepat sejajar adalah dengan menambahkan tanah pada bagian coil yang kurang tinggi, dengan tujuan agar gelembung waterpass berada di tengah dan artinya itu coil sudah tepat posisinya.

ini sebenernya lagi levelling coil Hz

Dan setelah selesai menanam koil MT itu kita menuju titik base untuk ngeliat Bang Febri yang saat itu jadi operator. Cuman step-step di base nya belom terlalu paham juga sih saya.

B. Porospout

Kebetulan pas lagi nanem porospout itu saya gak “praktekkin” langsung. Jadi aku cuman ngeliat pas nanem porospoutnya.

Jadi buat nanem porospout itu mesti pake bentonit buat mengurangi kontak resistansinya, dan juga sesuai SOP bahwa porospout mesti direndem dulu pake air garem (daku lupa alesannya).

(foto menyusul yak)

C. Ngukur di Base


Jadi siapkan aki yang terhubung ke box pengukuran MT. Dan sesuaikan dulu tegangannya berapa volt, dan entar tulis di layout sheet. Abis itu sambungkan ke laptop dan entah si Bang Febri mencet-mencet apa, gak begitu keliatan. Intinya setelah setting alat, tutup laptop dan tunggu dalam rentang waktu satu jam kalau buat kalibrasi. Dan jika udah mulai ngukur, kita tunggu sampe 12 jam.

Dan hari itu kita pulang, terus disana ada yang ngejagain itu alat.
Kesan hari itu..... ntapp bangedd deh ahha. Lumayan kebayang lah gimana cara ngukur MT yang dulu cuman bayangan-bayangan selintas.

*kalau ada koreksi atau tambahan monggo disisipkan di comment aja ya readers ^^.
btw foto-foto pengukuran yang lengkapnya ntar saya share, nyusul yak.

1 comment: