Friday, July 4, 2014

Registrasi Mahasiswa Baru Unpad 2013

Hari ini, Selasa, 11 Juni 2013 adalah jadwal registrasi mahasiswa baru snmptn undangan bidikmisi unpad di Bale Santika Unpad, Jatinangor.
Hari ini juga jadwal Open House untuk orangtua maba.

Tapi, sayangnya pas mau sampai gerbang unpad jatinangor, ban motor ayahku bocor. Dan terpaksa aku harus menunggu di pinggir jalan selagi ayahku pergi ke tempat tambal ban. Sepi, ga ada orang jalan kaki, yang ada hanyalah mobil-mobil mewah yang lewat situ, ada juga beberapa motor yang lewat. Tapi alhamdulillah tak lama kemudian pak satpam unpad datang, dan menanyakan bapa nya kemana? Aku jawab aja kejadian tadi. Lalu Bapak satpam itu menawarkan untuk mengantarku masuk ke dalam. Bingung, namun aku dengan senang hati menerima tawaran bapak satpam itu. Ketika masuk gerbang unpad, wah subhanallah keren gedung rektoratnya, sampai tak sadar akhirnya aku sampai di depan gedung Bale Santika, dan mengucapkan terimakasih sama bapa satpam yang baik itu. Dan katanya kalau butuh apa-apa tinggal bilang aja, jangan sungkan. Begitu.

Disana ada maba lain bersama ayahnya, kemudian dia mengenalkan dirinya padaku. Dia tinggal di daerah jatinangor, tapi tepatnya aku lupa. Namanya Fikri Oktaviani, fakultas ilmu komunikasi (Fikom). Kami saling bertukar cerita mengenai asal usul kami, dan hal-hal lain, tak lupa juga bertukar no.HP. Ada lagi teman baru, namanya Selly dari Fisip. Setelah itu kami langsung berbaris, mengantri masuk ke gedung bale santika, dan mengeluarkan map yang berisi berkas-berkas registrasi dan bidikmisi. Sebelum masuk, kami memperlihatkan barcode yang ada di biodata yg di print out, yg sebelumnya diisi online. Setelah itu, diberi map warna kuning untuk berkas bidikmisi, warna biru untuk program ips, dan warna merah untuk program ipa. Daan, satu kejutan lagi. Ternyata di dalem gedung bale santika tuh keren banget, lebih keren dari yang aku bayangkan.

Kami bertiga duduk aja di kursi bagian tengah, dan merapikan berkas-berkas tadi. Kemudian Pak Wakil Rektor, Prof.DR.H. Engkus Kuswarno, Ms memberikan sambutan kepada mahasiswa baru snmptn unpad 2013. Aku sempat merekam sambutan pak wakil rektor. Setelah itu maba dipersilahkan ke loket-loket untuk pemeriksaan berkas-berkas. Total semuanya ada 20 loket, perloket nya bisa diisi 4 maba. Urutan regis nya mulai dari kursi terdepan, yang belakang maju selangkah, lalu yang paling depan dipanggil, yang belakang pindah kursi, dan seterusnya. 

Akhirnya aku sampai di kursi paling depan, hmm kalau tau gitu dari awal duduk di depan hehe. Nah kami langsung dipanggil untuk menyerahkan berkas-berkas, langsung foto KTM dengan memakai jas almamater yang terdapat di setiap loket. Tidak lebih dari semenit, KTM pun langsung jadi. Dan setelah itu kami diarahkan ke stand atribut dengan menunjukkan KTM yang sudah didapat. Kami langsung menandatangani absen jurusan, dan mendapatkan kartu Cisral (untuk perpustakaan unpad), kartu PaUs ID (Padjadjaran Authentification System), buku pedoman akademik, CD pedoman fakultas mipa 2013, kartu kelompok untuk Prabu (Penerimaan Mahasiswa Baru Unpad) untuk tanggal 20 Agustus nanti. Dan yang paling ditunggu, jas alamamater, dasi, dan tas unpad. Alhamdulillah rangkaian registrasinya beres. Dan di luar ketemu lagi sama Selly Solly Fasha, kami menunggu ortu kami yang sedang open house. Sambil menunggu, kami mengobrol seputar kehidupan pribadi, dan bersyukur sekali atas Kuasa Allah SWT atas ridho-NYA, bahwa ternyata uang itu bukan segalanya. Meskipun kami tidak tergolong dalam orang-orang yang berkemampuan lebih, terutama untuk keberlangsungan kuliah, namun dengan kuasa-NYA, Allah begitu pengasih dan penyayang terhadap makhluk-NYA. Mungkin, salah satu ayat ini adalah bukti nyata kasih sayang Allah "Fabiayyi aa irobbikumaa tukaddzibaan ; Maka, nikmat Tuhan manakah yang kamu dustakan?"

Subhanallah, subhanallah, Allahuakbar, allahuakbar.


Dan sekitar 1 jam kemudian ayahnya Selly datang, dan aku sendiri deh ga ada temen. Tapi untungnya ayahku 15 menit kemudian datang :)

Terimakasih Ya Allah, terimakasih buat ibundaku, ayahku, adikku, uwa-bibi-emang, dan keluargaku semua, atas kuasa Allah dan doa-doa kalian semua, Alhamdulillah semua ini tercapai :)



(Catatan harianku, 16 Agustus 2013)

1 comment:

  1. kak boleh tau akun twitter ato fbnya gak ?? mau tanya ttg fikom unpad nih :-)

    ini twitter aku kak : @HadiAfiori
    dan ini fb aku kak : Hadi Afiori :-)

    ReplyDelete