Friday, July 4, 2014

Menjadi Mahasiswa


Tak terasa sebentar lagi mahasiswa baru akan memasuki masa ospek. Dan aku rasa inilah gerbang awal dari mimpi-mimpiku sejak SMA. Dimulai dari ospek universitas, fakultas, hingga jurusan.

Setelah melalui masa-masa mabim (masa bimbingan) kurang lebih selama 3 bulan dari jurusan, rasanya ada hal baru yang kudapat. Mungkin, aku bisa memaknai pengertian 'mahasiswa' itu sendiri.

Jadi mahasiswa itu susah susah gampang. Banyak rasa di dalamnya. Kita harus tentukan target ke depan selama menjadi mahasiswa. Tentunya jangan jadi mahasiswa biasa-biasa aja dong, jadilah mahasiswa yang memiliki nilai-nilai lebih.

Berdasarkan pengalaman kakak-kakak tingkat yang aku amati sih, ada tips menjadi mahasiswa sukses ;D :

1. Rajin masuk kuliah

Dengan rajin masuk kuliah, minimal kita bisa mendapat ilmu yang disampaikan dosen, dan tentunya akan ada info-info tak terduga yang disampaikan dosen.

2. Aktif di kelas

Dengan aktif bertanya dan menjawab pertanyaan dosen, hal ini akan membuat kita dikenal dosen, yang akan memudahkan proses-proses perkuliahan selanjutnya.

3. Tepat waktu mengerjakan tugas

Nah ini nih salahsatu poin penting dalam perkuliahan jika ingin sukses. Biasanya bobot tugas itu lumayan loh, 20 persen, kuis 20 persen, uts 30 dan uas 30 persen. Jadi setidaknya jika nilai uts atau uas kita kurang maksimal, tetap ada nilai tugas. Dan itu lumayan.

4. Memiliki kelompok belajar

Ini juga sangat membantu proses akademik. Tapi memiliki kelompok belajar harus serius, jangan akhirnya cuma ngegosip atau main-main.

5. Berorganisasi

Banyak orang bilang, jangan jadi mahasiswa kupu-kupu (kuliah-pulang, kuliah-pulang), tapi jadilah mahasiswa kura-kura (kuliah-rapat, kuliah-rapat). Hal ini penting loh demi menunjang kesuksesan kita, karena di dunia kerja sangat dibutuhkan softskill, yang salahsatunya bisa diasah melalui organisasi, contohnya bem, bpm, ukm, himpunan, dan masih banyak lagi. Dengan mengikuti organisasi yang kita minati, maka dengan sendirinya kita akan bisa mengatur waktu untuk kuliah dan melakukan hal-hal bermanfaat. Banyak banget loh keuntungannya!

6. Belajar, belajar, dan belajar!

Ini dia, kalo ga belajar dan ga mengasah kemampuan kita, kepuasan pun tidak akan kita peroleh. Pokoknya totalitas dalam segala hal dalam kebaikan itu sangat diperlukan.

7. Berdoa, dan minta restu orang tua.

Ini yang paling penting. Restu orang tua adalah sukses kita. Mintalah restu orang tua, dan selalu berdoa pada Allah swt.

Sekian tips "Menjadi Mahasiswa". Semoga bermanfaat :)

0 komentar:

Post a Comment