Friday, July 4, 2014

Manfaat Berorgansasi


Waktu SMA aku paling gatau soal organisasi, dulu aku cuma ikut pramuka, itupun karna memang diwajibkan untuk memilih ekstrakulikuler. Dulu juga aku suka malu-malu gitu dan ga berani speakup di depan umum. Tapi semenjak masuk kuliah aku jadi begitu tertarik dengan apa itu organisasi, dan apa aja sih manfaat yang didapat dari organisasi.

Awalnya aku memberanikan diri untuk mengisi formulir pendaftaran Bem Fakultas di kampusku. Meskipun belum terlalu mantap dengan keputusanku ini. Tapi aku selalu teringat kata-kata orang, yang katanya jangan hanya mau berada di zona aman kita, cobalah tantangan di luar. Maka aku benar-benar mengisi formulir itu dan mengirimkannya lewat email. Tapi belum sampai disitu saja, masih ada tahap wawancara, dan sebelumnya aku ga pernah diwawancara kalo mau masuk organisasi (di smp cuma pmr sama kir aja sih). Tapi aku memberanikan diri untuk datang wawancara dan alhamdulillah berlangsung lancar.

Jadi, sebelum wawancara itu, aku searching dulu tips tips wawancara organisasi.

Dan setelah melalui tahap wawancara itu, kira2 ini yang ditanyakan pada saat wawancara masuk organisasi:


1. Ceritakan tentang diri kamu

2. Kenapa kamu ingin masuk bem?

3. Departemen pilihan kamu apa aja?

4. Kelebihan dan kekurangan kamu dalam menjalankan kepengurusan bem apa aja?

5. Pernah gak kamu mengalami situasi tersulit di hidup kamu, dan gimana kamu mengatasinya?

6. Kontribusi apa yang akan kamu berikan jika diterima di bem?

7. Apa alasan saya menerima kamu di bem?

Nah itulah pertanyaan-pertanyaan sewaktu wawancara bem. Dan kebanyakan sih aku malah nanya-nanya balik tentang proker-proker bem periode lalu :D tapi, dengan begitu komunikasi berlangsung lancar :)

Dan alhamdulillah, beberapa hari diumumkan bahwa aku diterima di departemen keprofesian. Disinilah awal dari cita-citaku untuk mengenal organisasi.

Ternyata, setelah masuk bem dan menjalankan beberapa kepanitiaan, rasanya seru, penuh tantangan, mulai dari dikejar-kejar deadline, hingga dimaki-maki dosen, gara2 soal peminjaman tempat untuk beberapa acara. Mungkin aku sendiri kurang komunikatif dalam hal ini, tapi disinilah aku mulai belajar, justru hal inilah yang aku sukai, yaitu tantangan. Semakin besar tantangannya, semakin seru loh :) dan tentunya dengan terlibat di beberapa kepanitiaan di lingkungan fakultas, kita bisa dapat banyak teman dari jurusan lain, dan itu asyik banget :) tapi ada juga 'duka' nya, selain sering rapat yang waktunya selalu sore karena mahasiswa mipa yang jadwalnya heterogen, jadi pulangnya selalu magrib, dan butuh waktu 40menit untuk sampai ke rumah. Jadi nyampe rumah itu pasti isya. Tapi ini resiko dari sebuah organisasi, toh lebih banyak manfaaatnya kan dibanding kekurangannya :)

Dengan mengenal teman banyak di lingkungan fakultas, bisa juga dong dapet kecengan baru. Hehe. Juga bisa dapet kisi-kisi mata kuliah umum, seperti kwn, matdas, b.indo :) dan tentunya bisa sharing-sharing mengenai perkuliahan di masing-masing jurusan.

Tapi, kata orang sih jangan hanya ikut organisasi di jurusan atau fakultas saja, tapi ikutlah sampai ke universitas, karena dengan itu kita bisa dapat banyak link, yang akan berguna saat di dunia kerja nanti. Dengan berorganisasi pun kita dituntut untuk bisa kerjasama, manajemen waktu, disiplin, dan tanggung jawab. Dan inilah yang sangat diperlukan di dunia kerja nanti.

0 komentar:

Post a Comment