Saturday, May 8, 2021

Hari Yang 'Ditunggu' (Operasi di RS Hermina Arcamanik) Pakai BPJS Kesehatan

Aku masih ingat jelas malam itu, 22 April 2021. Dengan terpaksa harus meninggalkan bayi. Nggak lama sih, sampe besok siangnya kupikir. Hari itu, dari magrib aku udah packing perlengkapan ke RS. Jadwal operasi yang sempat tertunda 2x dari pihak RS akhirnya jadi di tanggal 23 April pagi jam 08.00. Malam itu aku dan suami berangkat jam 19.30 untuk kemudian registrasi di RS jam 20.00. Atmosfernya masih terasa. Setelah sekian lama nggak naik motor berdua aja sama suami hehehhe keburu lahiran kan. Tapi bukan itu maksudku. Suasana malam itu, untuk yang pertama kalinya aku dipaksa "mandiri" harus menjalani operasi tanpa orang tua. Meskipun itu operasi kecil tapi tetep aja kan.

Setiba di RS aku langsung ambil antrian rawat inap.

Ini pertama kalinya aku harus "dirawat". Dulu 2018 sempat sih nemenin adik aku yang juga dioprasi. Tapi dulu ada mamah, ya begituuu hawa hawa nya beda aja kalau di RS!

Nah saat itu ada satu antrian di depan aku yang makan waktu cukup lama karena di meja registrasi itu nulis nulis data ktp, ktp suami, dsb terus juga tanda tangan dokumen perjanjian ini itu terkait operasi.

Next setelah aku terpanggil dan isi semua data, aku diminta masukin berkas ke IGD. Hemm nggak pernah terpikirkan sebelumnya akan masuk IGD. Kukira bakal "ditidurin" disitu ternyata nggak. Aku hanya diminta menunggu hingga dipanggil susternya, dan kemudian dipasang jalur untuk infus. Hemm sakit juga lumayan. Tapi lagi lagi tetepp ga ada yang ngalahin sakit jahitan pasca lahiran hehe.

Setelah dipasang jalur infus aku nunggu lagi di luar ruangan. Dan setengah jam kemudian nyebelin sekalii ternyata harus tes swab lagi karena hasil yang kemarin dianggap kadaluarsa, tepat udah 2 minggu sejak swab pcr. Oke aku diminta ke bagian lab untuk tes swab antigen. Waktu itu jam 22.30 dan pihak lab bilang harus nunggu suster yang nge swab itu sekitar jam 11 atau stg 12 malem. Aku langsung balik ke IGD dan infoin hal itu. Alhamdulillah akhirnya dibsntu sama suster yg di IGD. Selang 15 menit aku dites rapid antigen. Dan alhamdulillah lagi jam 23.40 aku dipanggil suster untuk masuk ke ruangan rawat inap. Btw saat itu aku lagi fokus nyiapin apa aja yang mau dibeli saat promo shopee 23.04 haha.

Meskipun "sepi" tapi aku ngga ngerasa serem gitu. Justru hawanya anget aja kayak pas adik aku OP juga. Di BPJS kelas 1 ini fasilitasnya satu kamar ada 2 bed ya. Aku lupa nggak motoin karena saat itu di sebelah aku ada orang juga sih hehe.

Ini yang aku tempatin waktu itu. Dan soal jalur infus tadi, nggak langsung dipasang saat itu tapi besok subuhnya. Aku sampe di ruangan ini jam 23.55 setelah diinfokan ini itu sama suster. Daaan langsung siap siap hajar pantengin shopee hahaha.

Kek gini penampakan setelah infus. Dan salahnya aku malah pake jaket, harusnya lepas dulu biar memudahkan entar buka baju trs ganti ke baju operasi.

Besoknya tanggal 23 April hari jumat, jam 6 suster udah ke ruangan dan jam 7 nya menuju ruang operasi. Pake kursi roda hehe padahal aku masih sangat bisa jalan.
Sambil nunggu dokter dateng, aku ganti ke baju operasi dan baru bener2 masuk ke ruang operasi itu jam 08.15. Lanjut bius spinal atau sebagian (dari perut ke bagian bawah). Lumayan sakit banget sih tapi sambil diajak ngobrol dokter anestesinya. Aku kira bakal dibius total gitu. Nah kalau yg spinal ini awalnya kerasa keram bagian kaki, terus lama lama makin nggak kerasa aja. Intinya sambil melek, operasi dijalankan. Yang aku rasain saat dokter "ngebelek" tuh kayak ditepuk2 aja gitu. Nexttt selang setengah jam, aku dipindah ke ruang pemulihan.

Lumayan lama disini sampe jam 12.30 yang seharusnya aku udah pindah ke ruangan, pikirku. Ternyata aku ngga boleh bangun/berdiri dulu sampe jam 8 malem. Jadi dibawa ke ruangan ama kasur2nya. Norak ya, mirip di film film menurutku haha.

Udah enggak sabar pengen pulang sebenernya. Toh diem di ruangan pun malah suami yang tidur. Aku melek mantengin shopee. Buang air kecil pun nggak bisa karena nggak boleh turun dulu. Alhasil itu nggak kuat banget nahan BAK, pikiran udah kemana2 banget. Tapi pas magrib alhamdulillah suster dateng dan aku dibolehin "gerak" terus belajar BAK ke toilet.

Udah, jam 8 malem siap bergegas pulang yuhuu. Aku kira pasca operasi itu bakal susah duduk ataupun susah gerak. Taunya enggak. Alhamdulillah bekas jahitan pun aman.

Pokoknya banyak-banyak bersyukur alhamdulillah semuanya lancar. Semuanya nggak se-seram yang dibayangkan. Aku dijadwalkan kontrol lagi 2 minggu kemudian, tanggal 7 Mei 2021.

Daaan untuk bertemu dr. Santhi kali ini aku booking via apps online loh. Cepet banget memang prosesnya. Tapi tetep nunggu dokternya. Hihihi.

Sebelum ketemu dokternya, aku ambil hasil lab dulu.

Betul ternyata isi dari surat ini, diagnosa nya sesuai dengan dokter Santhi.

Itu terakhir kali aku ke RS untuk ngurusin serba serbi operasi ini. Alhamdulillah, alhamdulillah. Semoga ke depannya sehat-sehat terus ya. Aamiin.

0 komentar:

Post a Comment