Friday, May 14, 2021

Cerita Singkat Soal Rumah Tangga

Semakin kesini aku semakin yakin kalau segala sesuatu itu ada masa nya. Termasuk menikah. Untuk seusia anak kuliahan atau sehabis lulus SMA yang kita tau kalau jaman sekarang itu rasanya kok banyak galau-galau umur sekian belum nikah lah, umur sekian masih jomblo lah. Termasuk aku pada masa itu.

Padahal, kalimat "menikahlah di waktu yang tepat, bukan cepat" itu bukan sekedar klise. Serius, karena aku udah ngalamin hal itu. Di postingan ini aku mau cerita agak serius aja soal kehidupan setelah menikah. Walaupun baru seumur jagung bangett, baru setahun nikah tapi aku rasa pengen banget ngeshare apapun itu yang mungkin bisa dijadikan pembelajaran.

Aku dan suami beda 1 tahun secara hitungan tahun. Atau beda 1 tahun 9 bulan kalau hitung hitungan bulan. Dengan usia yang nggak terpaut jauh banget, aku rasa sih ini jadi keuntungan tersendiri. Kayak misalnya pola pikir yang nggak timpang banget, atau hal-hal yang bisa cerita bareng karena kita seangkatan.

Pernah denger yang udah nikah diuji materi? Atau bahkan diuji sama anak, ipar atau mertua. Iya, tiap rumah tangga pasti diuji. Jauh sebelum nikah aku sering nyimak orang-orang yang banyak berantem karena ekonomi. Atau sayangnya mereka harus sampe pisah karena ekonomi. Terus pernah denger juga perempuan-perempuan bilang kalau harta itu nggak penting dan yang penting itu setia? Betul, betul banget setia nomor satu. Tapii, menurutku materi juga sangat penting.

Waktu remaja, kriteria laki-laki idaman itu pasti yang pinter, ganteng, sayang sama kita, gitu gitu lah yah. Seiring nambah umur, kriteria itu nambah lagi yaitu jujur, setia, at least punya kerjaan tetap, bertanggung jawab, dan yang pasti seiman. Kalau soal sholat, udah pasti itumah jadi patokan utama.

Suami yang dulu aku kenal itu, pemalu, parah. Tapi anehnya kalau udah ngomong itu nyerocos gitu nggak berhenti-berhenti. Hehehe. Malahan sampe aku sendiri nggak kebagian lapak buat cerita. Suami juga tipikal yang cuek. Dalam rumah tangga sih ini bisa jadi menguntungkan dan bisa juga sebaliknya. Kenapa cuek itu baik? Iya, bagus banget, jadinya nggak yang posesif parah, terus kalau istri ngambek, suami nggak ikut balik ngambek. Tapi malah didiemin. Eh malah jadi bumerang juga ya? Malah kita kesel sendiri kalau nggak diwaro kayak gitu.

Tapi sejauh yang aku kenal, alhamdulillah semuanya bener-bener ngalir lancar. Ya ada sih berantem dikit-dikit semacam aku minta tolong buangin sampah tapi nggak didenger. Ya gitulah yaa. Terus juga punya suami cuek itu bener bener deh cuek banget. Masa dari jaman pacaran, nggak pernah gitu ya ngecek hape aku termasuk aku chat sama siapa aja. Pun ketika tau aku punya temen deket cowok waktu itu, ya dia biasa aja. Aku malah cek hape nya, sepiii banget kayak kuburan. Hehehe. Kontaknya cuman kakak-kakak nya, beberapa temen SMK dia dan beberapa anak laki temen kuliahnya. Ohiya, temen kerja juga. Udah sih itu aja.

Sampe aku heran apa ini orang nggak punya temen cewek kali ya. Dan emang bener nggak ada sama sekali. Soal pacaran, tetehnya bilang sih dulu suami pernah punya pacar tapi pas masih bocah gitu ahhaha pas SMP. Udah gitu putus karena bener2 nggak pernah ketemu.

Hal-hal semacam inilah menurutku yang menunjang karakter suami. Aku sih lebih baik beliau cuek aja gitu meskipun sering bikin makan ati. Daripada baikkk banget care banget tapi tau-tau ke cewek lain gitu toh? Naudzubillah.

Intinya gampang-gampang susah ya ngurus rumah tangga itu. Alhamdulillah juga sejauh ini suami nggak pernah ngelarang kerja. Malah ngedukung. Aku dan suami juga bukan orang yang kelas menengah ke atas sih. Jadi apapun itu kami perjuangkan bareng-bareng. Alhamdulillah juga keluarga suami bener-bener baik. Nggak ada cerita semacam 'mertua ngerecokin anak' nggak, nggak ada sama sekali. Malahan yang ada aku sering "dikasih jajan" sama bapak mertua. Eh sekarang ada anak, uang jajan itu turun ke anak. Hehehe.

Terus soal kematangan pemikiran. Aku rasa di usia 23 tahun aku menikah, segini mah nggak bocah banget kan. Keitung udah cukup umur banget malah. Setidaknya, aku dan suami bisa sama sama kepala dingin lah dalam hal apapun. Atau sebaliknya, aku pengen 'ngajak berantem' tapi suami malah nanggepin santai. Terus juga menikah di waktu yang tepat itu ya sama orang yang tepat. Aku dan suami, entah kenapa, klop aja! Dalam hal apapun itu. Latar belakang keluarga pun nggak beda jauh. Hehe karena dari dulu juga aku nggak mau sama yang kaya kaya banget. Takut timpang gitu. Sekali lagi, minimal yang di atas kita tapi jangan kejauhan.

Dari awal kami deket sampe udah satu tahun menikah, alhamdulillah aku rasa nggak ada ujian apapun yang berarti. Ditambah lagi kelahiran bayi yang udah kami tunggu banget. Kurang apalagi coba hidup aku ini?

Sampe pasca lahiran, seminggu, dua minggu bahkan sebulan aku baru menyadari ujian kami yang sesungguhnya. Kukira melahirkan dan proses mengASIhi itu normal, naluriah. Ternyata aku sangat minim pengetahuan soal menyusi, yang singkat cerita aku nggak bisa nyusuin bayi secara optimal. Sedih, banget rasanya. Tiap malem kepikiran ampe stress. Bukannya badan tambah berisi ysh, ini malah tambah kurus.

Maka aku yakin bahwa rejeki orang itu beda beda. Ada yang diuji secara materi tapi dia ASI (Air Susu Ibu) nya lancar deres. Pun dengan aku yang ngerasa aman aja dari hal apapun. Nggak ada kekurangan. Tapi ASI bagaikan mampet. Setetes setetes. Udah konsul kemanapun dan udah nyoba banyak cara tapi mungkin rejekinya hanya segitu.

Semoga anak bayi ku ini selalu sehat sampai kapanpun meskipun dia nggak full ASI dari ibunya.

0 komentar:

Post a Comment