Saturday, May 8, 2021

Akhirnya BPJS Kesehatan Kepake Juga! (Operasi di RS Hermina Arcamanik)

Salah satu kekhawatiran dari dulu banget selama bertahun-tahun sejak SMA adalah satu bagian pada diri aku yang harus dilakukan tindakan operasi. Aku nggak akan nyebutin itu apa, tapi disini mau cerita soal pengalaman pakai BPJS Kesehatan.

Mungpung cuti maternity selama 3 bulan, aku manfaatkan kesempatan ini untuk ngobatin keluhan aku selama bertahun-tahun ini. Soalnya kalau diobati di hari kerja, repot ditambah takut nggak bisa duduk kayak semestinya. Hehe.

Berawal dari 6 April aku ke Faskes yg emang dekat banget dari rumah. Dari situ diperiksa sama dokternya dan beliau langsung memberi rujukan untuk operasi. Aku milih RS. Hermina Arcamanik karena dengar-dengar sih prosesnya mudah.

Hari itu aku nggak langsung ke RS karena punya bayi juga di rumah. Lagipula aku mau searching dulu jadwal praktek dokter bedah sesuai yang dirujuk dokter di faskses. Akhirnya tanggal 8 April 2021 baru ke RS untuk memulai perjalanan 'operasi' ini.

Saat itu aku belum tahu kalau RS Hermina sudah memberlakukan sistem booking via online. Jadinya nunggu lama banget dari jam 06.30 sampe jam 10an baru dipanggil di meja pendaftaran. Dari situ diarahkan ke suster dan kemudian diperiksa tensi darah sama berat badan.

Nggak sampe disitu aja, justru tantangan terbesar adalah ngantri depan poli bedah. Apalagi dokternya biasanya ada tindakan operasi dulu. Tapi kalau aku dateng siang, ya dokternya keburu abis jam praktek toh. Apalagi di RS Hermina untuk dokter bedah aku hanya mau ke dr. Santhi karena yang lain dokternya laki-laki semua.

Habis diperiksa dr. Santhi, beliau langsung bilang "ini operasi aja ya" sebenernya dalam hati aku udah tau kalau yang beginian mah emang jarang banget bisa diobatin tanpa operasi. Tapi aku penasaran tanya "bisa cara lain bu dokter selain operasi?" Yang tentu dijawab nggak sama bu dokternya.

Aku dijelaskan sama suster kalau harus melengkapi syarat-syarat berikut:

- Tes swb PCR di RS
- Tes hematologi darah lengkap di RS
- Tes HbsAg dan HIV di luar

Setelah semuanya beres ini dikumpulkan di Sr. Isti yang kemudian beliau akan menjadwalkan operasi. Untuk jadwal PCR sendiri dilakukan besoknya, Jumat 9 April. Itu pertama kalinya aku tes swab. Karena selama pandemi full wfh. Ternyata cepet banget sih nggak perlu ngantri. 

Aku lanjut ke dinas kesehatan untuk tes HbsAg dan HIV siang itu. Dan hasilnya baru bisa diambil senin 12 April. 

Ini pricelist tes di Dinas Kesehatan Kota Bandung ya:

Murah sih disitu, nggak nyampe 100.000. Kalau aku tanya ke lab swasta lain sih bisa sampe 600-700rb an hehehe.
Nah PCR udah, ke dinkes udah. Tahap terakhir adalah tes hematologi darah lengkap yang dijadwalkan Selasa, 13 April di RS. Masyaallah disitu antri lagi kayak biasa! Mau booking via online nggak bisa karena nggak ada dokter yang dituju juga. Intinya sabar sabar mengantri. Namanya juga BPJS?

Aku banyak-banyak minta maaf sama bayi merah belum 40 hari. Karena harus ninggalin lagi. Gimana entar pas udah masuk kerja ya? Apa berangkat kerja selalu dibarengi dengan tangisan?

Lanjut ke tes darah. Intinya sih serangkaian tes itu yang biasanya aku takut banget, eh malah biasa aja. Mungkin karena udah ngalamin ngelahirin yang rasanya jauh lebih sakit dari itu kali ya? Hehehe ini serius.

Alhamdulillah semua tes udah selesai kan tuh. Aku kumpulin tuh semua hasilnya ke suster Isti. Dan aku ngisi formulir yang kebanyakan isinya soal persetujuan selama masa operasi. Beliau bilang untuk jadwal operasi nanti dikabari via Whatsapp

Aku seneng banget waktu dapet chat ini haha. Padahal mau operasi, bukan mau dikasih THR. Oke, jadwal operasi tanggal 21. Tapi nggak lama dari situ dikabarin lagi perubahan jadwal.

Aku biasanya sama ortu kalau ada apa-apa. Sekarang betulan mandiri, hahaha. Memang harusnya kan. Udah jadi ibu pula.
Dan dengan terpaksa, "menitipkan" bayi ke ortu aku saat itu.

Tapi aku dapet kabar lagi dari suster isti soal pengunduran jadwal lagi.

Udah degdegan banget sih sebenernya saat itu. Kebayang kalau diundur terus, aku mungkin harus tes ulang. Tapi alhamdulillah jadinya tanggal 23 dijadwalkan operasi.

Kurang lebih begitu perjalanan menggunakan BPJS. Semuanya full dicover yaa, kecuali yang ke dinas kesehatan tadi, under 100k. Itu pun tergantung kondisi masing-masing, apakah diharuskan tes tsb atau nggak.

Next cerita mengenai operasi dibahas di postingan selanjutnya. Hehehe.

0 komentar:

Post a Comment