Thursday, May 28, 2020

Bucin Part V (Duka Cita dan Hari Pernikahan)

Banyak yang bilang kalau biasanya menuju pernikahan itu pasti banyak ujiannya. Entah itu ada orang ketiga, atau diuji dengan rasa ragu, dsb. Yang kami rasakan saat itu adalah mengalir sangat lancar, gak ada kendala apapun kecuali kerjaan yang dirasa sibuk banget.

Namun semuanya tiba-tiba berubah sejak Februari 2019. Ibu calon mertua dikabarkan sakit dan dirawat di RSUD Sumedang. Sempat menjenguk saat itu di weekend. Aku hanya bisa support A Teri. Rasanya agak nggak nyaman juga kalau harus ngobrolin soal persiapan nikahan.

Tapi 10 Februari 2020 maksain buat fitting baju sekalian nambah DP. Meskipun saat itu keluarga calon suami belum bisa ikut dan dalam keadaan sedih. Sebenernya juga teh Ela sama sekali nggak pernah minta tambahan DP gitu. Malah ketika kutanya, syaratnya ya lunasnya H-7 aja. Bener bener santai banget orangnya. Tapi karena khawatir, sekalian fitting sekalian bayar sisanya yang masih sangat jauh (wong baru sejuta, sisanya banyak banget kan).

Mon maap harus fotoin duitnya kayak begitu ya. Hihi, kenangan banget. Kenapa uang cash? Karena kami nabungnya di koperasi. Sebagian lagi di atm. Dan perlu diingat, pulang fitting itu, Aku, Mamah, Maya dan A Teri makan makan di ayam geprek pangeran ceritanya. Itu pertama kali makan di luar sama mamah dan juga calon suami. Ya walaupun hanya ayam geprek.

---- Duka Cita ----
23 Februari malam, aku belajar pake softlens di rumah tetangga. Pas mau pulang dan cek HP udah gakuat nahan nangis. Aku dapet chat dari A Teri yang isinya gini:

Aku buru-buru pulang ke rumah dan langsung nangis saat itu juga. Hari itu, H-2 mingguan nikahan. Betul, nangis karena mau nikah dan khawatir ini itu. Tapi lebih dari itu, bukan semata mata karena mau nikah. Tapi karena aku udah kenal mamah Eha. Pengen banget rasanya punya ibu mertua itu kayak gimana. Tapi Alloh belum mengizinkan itu.

Dari kejadian itu aku menyadari, mungkin itu bentuk ujian untuk pernikahan kami. Satu hal, tapi sangat besar. Besok paginya, aku, mamah, babeh dianter A Enda berangkat ke Sumedang, ditemani hujang sepanjang jalan.

Tiba di rumah duka pun, makin nggak bisa nahan nangis. Malah yang ada, aku ditenangin sama teteh-tetehnya Teri. Dan gak disangka juga, justru disana ketemu keluarga besar A Teri malah ngomongin nikahan dan sedikit becanda ngegodain. Jujur aja, aku udah mikir kalau nikahan bakal dibatalin atau diundur.

Hari-hari berikutnya semakin galau. Kebayang aja yah, H-14 nikah ditinggal orang tua. Satu sisi aku ngga enak mau ngomongin hal hal berbau nikahan ke calon suami. Sisi lain, tinggal dikit lagi langkah menuju hari H. Tapi untunglah hal hal urgent semacam mas kawin, cincin kawin udah beres dari jauh-jauh hari.

Alhasil, fitting baju ortu pun H-7. Itupun dari keluarga calon suami hanya mengirimkan sample baju. Masyaallah, boro-boro persiapkan techmet dengan mateng. Atau persiapan panitia keluarga. Semuanya bener-bener aku serahkan ke WO. Padahal panitia keluarga juga penting. Tapi mendekati hari H tiba tiba aja gitu blank semuanya. Kami sempat techmet sama WO tapi gak sama keluarga besar. Alhasil ada minus-minus dikit pas acara.

Yang paling aku ingat adalah H-1 nikahan. Keluarga besar mamah pada nginep. Seperti biasa, tradisi keluarga sih gitu. Orang Pangandaran keluarga babeh juga nginep. Belum lagi beberapa orang temen aku. Sebenernya aku kasian banget sama mereka sih harus repot-repot di situasi yang nggak nyaman gitu. Sepanjang malam berisik. Belum lagi ada ponakan aku yang nangis dari jam 12 malem sampe jam 2 malem. Kebayang kan ya?

Parahnya lagi, keluarga aku nggak ada sama sekali yang check ke gedung untuk lihat dekor atau minimal ngasih kopi ke abang-abangnya. Padahal aku udah minta tolong waktu itu. Bener-bener deh ini kurang koordinasi banget. Aku hampir gak ada waktu untuk itu semua. Ditambah lagi masalah lagi duka cita kan.

Lebih parahnya lagi, hari H aku malah baru berangkat dari rumah jam 5 subuh  dong. Padahal planning jam 4. Mentang-mentang deket rumah gitu ya. Gatau, rasanya aneh aja kok kayak lambat, berat mau berangkat juga. Belum lgi manasin mobil sodara lama banget. Coba kalau naik motor. Ah kalau inget ini sih kesel parah. Aku malu ke pihak WO. Dateng ke gedung malah mereka udah standby.

Tapi untunglah acara sesuai rundown. Akad tepat di jam 09.00. itupun syukur banget penghulu dateng tepat waktu, padahal sebelumnya ada drama miskom dan infonya sih bapak penghulu mau ke tempat lain dulu. Kalau dari acara hari H sih paling yang kurang tuh dari keluarga aku sendiri. Dodol banget gak ada foto keluarga besar banget. Hanya per keluarga masing-masing. Padahal udah dipanggilin MC. Satu lagi, ini kurang koordinasi dari aku. Tapi pengennya tuh mereka inisiatif sendiri kan. Ohiya belum lagi pager ayu pager bagus gak kefoto dong. Sebulan setelah nikah, aku meratapi hal ini terus menerus.

Dan satu hal lagi, list lagu yang udah aku siapkan nggak guna aja gitu, ujung-ujungnya nggak aku kasihin. Kan dudul sekali.

Beberapa bulan kemudian aku masih kepikiran dan chat ke WO nya. Minta maaf, masa asa penganten yang dateng telat ke gedung ya. Biasanya yang ada mah MUA yang dateng telat. Emang sih, pihak WO dan teh Ela pemilik Deliani Deris pun gak mempermasalahkan. Cuman yaaaa, ga enak banget akunya! Malu.

Tapi dari semuanya, yang paling malu adalah: uwa aku dari Pangandaran ketumpahan sayur lontong yang super panas!

Jadi kan ceritanya catering tuh di gedung. Tapi untuk sarapan pagi, kita bikin sendiri terus dibawa ke gedung. Nah pagi buta udah dibawa tuh sayur pake panci gede. Pas mau masuk mobil, tuh sayur panas tumpah. Udah kena mobil, kena paha uwa pula. Kasihan banget, bajunya serba bau san beliau jadi nggak pede buat difoto, katanya. Inilah yang paling aku sesali.

Pokoknya dari semua kejadian minus itu, aku bakal inget dan jangan sampe keulang di nikahan adik aku entar.

---- Mengenang yang manisnya ----
Oke sekarang mengenang yang manisnya aja ya. Over all bersyukur banget dipertemukan dengan vendor-vendor berikut:

- Deliani Deris Wedding : Include Makeup, Catering, Music, Decor, Siraman
- Foto : Lankah Photography
- Upacara Adat : Sagaviya
- Cincin Kawin : Cincinbandung

Dan banyak yang bilang dekornya bagus, makanannya enak. Alhamdulillah. Ohiya waktu itu ambil paketan buffet + stall kayak gini:

-Buffet (Nasi, Ayam Kodok, Teriyaki, sayur, Salad buah)
- Stall makanan (Baso tahu, sate lontong, chicken cordon bleu, zuppa zuppa)
- Stand minuman (Eskrim, puding, thai tea, buah potong, sop buah)
Jadi total 9 stand yah. Eh malah dibonusin 2 stand lagi jadi 11. Masyaallah baik bener teh Ela.

Selain itu menurutku paket all in dari teh Ela itu mantep banget dari segi harga. Aku udah survei ini selama setahun. Dan ini yang paling worth. Banyak yang ngira budget sekian sekian, padahal kenyataannya jauh di bawah itu. Satu hal yang minus dari teh Ela sih, nggak terlalu cepat responnya. Karena beliau juga kerja PNS di Sumedang setauku. Tapi kita bisa hubungin ke suaminya, A Denin. Bersyukur juga ketemu sama WO nya teh Dewi yang super sigap. Seneng juga sih masa lagi dimakeupin sambil disuapin WO nya, hihi takut semaput kali ya.

Ada satu potret yang menggambarkan segimana sakit hatinya nggak ditemani sang ibu saat itu:

Tapi alhamdulillah berjalan lancar saat itu.

Ohiya, makanannya tuh ada lebihnya banyaaakkk banget sampe sekampung kebagian. Hehehee. Padahal udah was was banget takut kekurangan makanan.

Dan, begitu sampe rumah, buka bukain kado lah kayak biasa.

Kalau dari temen kantor Nabati kayak biasa, nanya dulu mau dibeliin apa duitnya. Aku bilang beli lemari aja. 

Dan ada ekses duit berserta mejikom. Hehehe. Ohiya itu kulkas pinggir lemari hasil doorprize dari kantor yang di Karawang pas 2018. Baru dibuka 2020 pas mau nikah. Untung aja nggak dijual. Lumayan banget kan kulkas 2 pintu. Hihi.





0 komentar:

Post a Comment