Saturday, October 11, 2014

Sinopsis Novel Rembulan Tenggelam di Wajahmu (Tere Liye)


Suatu hal yang unik dari novel ini, yaitu dengan latar waktu yag mundur. Menceritakan kisah-kisah laki-laki berumur 60 tahun, mulai dari masa kecilnya hingga dia terbaring di rumah sakit.

Rehan, yang akrab disapa Ray, adalah seorang laki-laki yang penuh pertanyaan dalam hidupnya. Ketika diberi kesempatan untuk mengajukan 5 pertanyaan maka dia bertanya tentang alasan kenapa, bagaimana soal urusan di kehidupannya.

Berawal dari masa enambelas tahunnya dia tinggal di sebuah panti asuhan, yang dia tidak betah di dalamnya, karena penjaga panti menganggap dia adalah anak yang nakal, suka mencuri, sehingga penjaga panti itu selalu memukuli Rehan dengan sebilah rotan, yang saking seringnya rehan bersumpah untuk tidak menangis dan tidak merasa sakit.


Rehan membenci semua kejadian-kejadian buruk yang menimpanya. Hingga teman sekamarnya, Diar yang berumur 12 tahun menginggal karna Rehan---karena rehan mencuri celana sopir bus yang di dalamnya terdapat uang setoran selama seminggu--- saat sopir bus itu menggantungkan celananya di lubang pintu atas toilet umum yang dijaga oleh Diar kecil itu. Maka, Rehan kabur, dan menyisakan Diar yang dituduh oleh segerombolan warga hingga dipukuli, akhirnya dibawa ke rumah sakit, dan menghembuskan napas terakhirnya.


Banyak sekali kejadian-kejadian sebab-akibat yang sebelumnya Ray tidak pernah ketahui. Ray baru mengerti urusan-urusan itu saat ia berusia 60 tahun. Semua kejadian itu, ada jawabannya.


0 komentar:

Post a Comment