Saturday, October 11, 2014

Sinopsis Novel Edensor - Andrea Hirata

Novel ketiga dari tetralogi Laskar Pelangi ini berkisah tentang kehidupan Arai dan Ikal di Eropa.

Mereka berkenalan dengan orang-orang hebat disana. Ada mahasiswa India, Jerman, Meksiko, Belanda.

Malah sempat, seorang mahasiswi asal jerman, Katya Kristantaema menyukai Ikal. Padahal banyak sekali pria-pria yang mengejar dia. Namun semuanya ditolak, dan lucunya ia memilih ikal, yang bahkan tak pernah berpikiran menyukai Katya, walaupun katya adalah wanita tercantik dan ter-eksis di kampusnya. Ah, dunia ini memang kadang-kadang aneh.


Banyak pengalaman yang mereka dapatkan selama S2 di Prancis. Pada saat liburan, beramai-ramai mahasiswa jurusannya Ikal berlomba untuk mendapatkan uang sebesar-besarnya saat libur musim panas 3 Bulan. Maka saat itu, Ikal dan Arai meluncurkan aksinya untuk menjelajahi eropa, mulai dari spanyol, jerman, bahkan hingga Rusia, yang seolah tidak ada ujungnya. Mereka berkenalan dengan banyak orang sepanjang perjalanan. Sempat mereka kehabisan uang dan makanan saat di Rusia. Dan beruntungnya, ada kendaraan dengan orang-orang yang mungkin orang luar lewat, dan mereka membolehkan Ikal dan Arai ikut menumpang.

Mereka bekerja mulai dari menyanyi, menjadi 'putri duyung' di sebuah pameran, dan banyak lagi. Akhirnya, musim panas usai, Ikal dan Arai memenangkan perlombaan itu. Sungguh mengasyikkan.

Di eropa sana, Ikal masih saja mencari keberadaan A Ling yang sejak lama tak dilihatnya. Mulai dari brosing di internet tentang keberadaan A Ling, dan mengetuk pintu ke pintu untuk sekedar menanyakan apakah ada A Ling yang dia maksud. Namun semuanya sia-sia. Entahlah, Ikal melakukan hal gila ini karena cinta. Ya, memang cinta selalu membuat siapa saja melakukan hal-hal yang bahkan dianggap bodoh sekalipun.

0 komentar:

Post a Comment